ANIMASI

Minggu, 28 September 2014

KOPLING HIDRAULIS



KOPLING HIDRAULIS

Fungsi komponen-komponen dari sistem kopling mobil Hidrolis

Berikut adalah komponen sistem kopling mobil dengan sistem hidrolis atau kopling dengan minyak kopling.





Fungsi Pedal kopling


Fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari kaki pengemudi untuk diteruskan kedalam master kopling, pedal kopling biasa terletak di paling kiri dan diinjak menggunakan kaki kiri.

Fungsi Master kopling Atas


Master kopling fungsi utamanya untuk meneruskan tenaga dari pedal kopling ke release kopling, dalam master kopling ini terdapat seal atau perapat karet yang mencegah minyak kopling tidak bocor, serta reservoir atau penampung minyak kopling, reservoir untuk minyak kopling ada yang menjadi satu dengan master kopling dan ada yang terpisah.
Untuk reservoir minyak kopling yang terpisah dengan master kopling, biasanya reservoir menjadi satu dengan reservoir atau penampung minyak rem. Untuk yang bertanya apakah sama antara minyak kopling dengan minyak rem? Jawabannya adalah Ya, minyak kopling dan minyak rem adalah sama.

Release silinder kopling atau master kopling bawah


Release kopling menerima tekanan dari master kopling atas dan meneruskan kedalam garbu pembebas (fork kopling) melalui push rod untuk mendorong maju dan membebaskan plat kopling dari himpitan antara matahari kopling dengan roda gila. Sama hal nya dengan master kopling didalam release kopling ini juga terdapat perapat atau seal untuk mencegah kebocoran minyak kopling.

Garbu pembebas atau fork kopling


Menerima gaya tekan dari release kopling, garbu pembebas ini dihubungkan dengan release bearing yang akan bergerak maju mundur menekan cover clutch dan membebaskan putaran mesin ketika pedal kopling di injak.





Fungsi Release bearing Kopling


Merupakan sebuah bantalan berupa bearing atau kolaher yang fungsinya untuk menekan pelat pegas (matahari kopling) atau diafragma spring pada tutup kopling (cover clutch).

Cover cluth (tutup kopling)


Cover Clutch juga disebut dekrup atau matahari kopling, Fungsinya sebagai dudukan kampas kopling dan menekan kampas kopling ke fly wheel untuk meneruskan tenaga dari mesin.

Fungsi Plat Kopling atau Kampas kopling


Kampas kopling atau disc clutch atau Clutch Plate adalah komponen kopling yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi, berbentuk piringan yang terbuat dari bahan asbes, kampas kopling atau plat kopling mobil harus diganti jika keausan sudah terasa.

Pada plat kopling terdiri dari facing yang berfungsi sebagai bidang gesek yang dikeling pada cushion plate dan berfungsi untuk memperlembut saat kopling berhubungan dan cushion plate dikeling pada disc plate.
Gambar Kampas Kopling Mobil Terios

Pada plat kopling juga terdapat torsion damper atau pegas plat kopling yang berfungsi untuk meredam kejutan ketika kopling berhubungan.

Fungsi Fly wheel atau Roda Gila


Fly wheel disebut juga roda gila, roda gila berfungsi meneruskan tenaga atau putaran mesin yang selanjutnya diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling


Tidak ada komentar:

Posting Komentar