ANIMASI

Minggu, 28 September 2014

METERI PEMINDAH TENAGA

1. Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga
  • Kopling
: Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
  • Transmisi
: Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan
  • Poros Penggerak
( propeler Shaft )
: Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi
  • Penggerak Aksel (Gardan)

Þ    Penggerak sudut,  untuk memindahkan arah putaran poros penggerak kearah poros aksel


Þ    Differensial, untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok
  • Poros Aksel
: Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda
2. Sistem Penggerak Roda
2.1. Penggerak Roda Belakang
2.1.1. Motor Di Depan

penggerak1 300x114 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
Keuntungan :
• Kenyamanan pada jalan aspal baik Kerugian
• Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )
Keuntungan
  • Kenyamanan pada jalan aspal baik
Kerugian
  • Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian  : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )
2.1.1. Motor belakang
penggerak2 300x142 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
Keuntungan
• Pada jalan lumpur traksi baik Kerugian
• Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan
Contoh pemakaian : VW kodok (lama) , bis Mb dan lain-lain
2.2. Penggerak Roda Depan
2.2.1. Motor Memanjang



penggerak3 300x100 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
Keuntungan
• Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil
• Traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang Kerugian
• Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : Konstruksi lama Misalnya : Renault
2.2.2. Motor Melintang
penggerak4 300x218 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
Keuntungan :
• Menghemat tempat
• Penggerak sudut tidak diperlukan
• Poros propeler tidak diperlukan lagi Kerugian :
• Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : pada kebanyakan kendaraan
2.3. Penggerak empat roda
penggerak5 300x191 CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
Keuntungan : Traksi sangat baik
Kerugian : Harga mahal dan berat
Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan :
a. Penggerak empat roda selektif
• Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik
• Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek
b. Penggerak empat roda permanen
• Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak ( Mis : Diferensial, Kopling Visco )
• Lebih mahal
Contoh pemakaian : Kendaraan lapangan, Militer dan lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar