ANIMASI

Sabtu, 04 Oktober 2014

KOMPONEN INJEKSI

KOMPONEN SISTEM INJEKSI




ECU – Electrical Control Unit ECU
merupakan komponen yang paling penting dalam sistem injeksi. Karena ECU ini merupakan alat yang berfungsi sebagai pusat pengolah data kontrol yang mendapat masukan data dari sensor-sensor yang terdapat pada mesin. kontrol ini meliputi waktu penyemprotan bahan bakar, jumlah bahan bakar yang dikeluarkan, dan saat pengapian.
 
Fuel Pump
Sering kita sebut juga dengan pompa bensin. Fungsinya adalah sebagai pompa bahan bakar untuk menghasilkan tekanan bahan bakar untuk di injeksikan.
Temperature Sensor
Sensor ini berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang kondisi suhu mesin. Dengan demikian bisa diatur bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar.

Inlet Air Pressure Sensor
Komponen ini fungsinya untuk memberikan data masukan ke ECU mengenai jumlah kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin. Ini dibutuhkan untuk menentukan bahan bakar yang akan di injeksikan.

Pressure Regulator
Komponen berikutnya yang terdapat dalam sistem injeksi adalah Pressure regulator, fungsinya adalah untuk mengatur kondisi tekanan bahan bakar agar selalu stabil pada tekanan (55~60psi).
Inlet Air Temperature Sensor
Sensor berikutnya adalah Inlet Air Temperature Sensor. Fungsinya untuk memberikan data masukan ke ECU tentang kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin, untuk menentukan bahan bakar yang di injeksikan.

Speed Sensor
Sensor ini fungsinya untuk memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan kendaraan, memainkan gas saat berhenti  dan saat dalam kecepatan tinggi.

Atmospheric Pressure Sensor
Komponen lainnya yaitu Atmospheric Pressure Sensor yang berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang kondisi tekanan udara lingkungan sekitar. Ini diperlukan untuk menentukan seberapa banyak bahan bakar yang di injeksikan ke dalam ruang bakar.

Crankshaft Sensor
Sensor ini berfungsi untuk memberikan data masukan ke ECU tentang posisi dan kecepatan putaran mesin pada saat mesin kendaraan dinyalakan.

Throttle Sensor
Sensor ini mempunyai fungsi untuk mengirimkan data masukan ke ECU tentang posisi dan besarnya bukaan aliran udara.

Camshaft Sensor
Komponen selanjutnya adalah Camshaft Sensor. Ini fungsinya untuk memberikan data masukan ke ECU tentang posisi langkah mesin. Ini dibutuhkan untuk menentukan langkah hisap dimana terjadi bukaan pada injector.

Fuel Injector / Injector
Fuel Injector atau kita sering sebut dengan injector fungsinya untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam mesin. Semua kontrol injector ini atas perintah dari ECU untuk waktu buka tutupnya.

Vehicle-down Sensor
Fungsi dari komponen ini adalah untuk memberi masukan ke ECU tentang kondisi kemiringan sepedamotor, jika motor terjatuh dengan  mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar